Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Rabu, 12 Februari 2014

Mati Lampu




Hai kawan jangan takut, jangan resah
Bila lampu kamar mulai dipadamkan
Ku kan s’lalu menyanyikan lagu ini
Hingga nanti kau tidur bers’limut mimpi

Masih ingat dengan petikan lirik lagu diatas? Yapp.. betul sekali. Lirik lagu diatas akan membawa kita untuk mengingat memori beberapa tahun tahun terakhir. Ketika si cantik tasya dan kakak-kakak Sheila On 7 membawakan lagu ini untuk menghibur anak-anak supaya tidak takut lagi terhadap gelap. Tapi ternyata bukan hanya anak-anak saja yang takut gelap, kebanyakan orang dewasa juga tidak bisa berlama-lama sendirian berada dalam kegelapan. Dan mereka para orang dewasa yang takut gelap biasanya memang merasa takut akan gelap sejak masih anak-anak.

Para psikolog menamai ketakutan ini dengan sebutan nyctophobia. Yaitu ketakutan yang berlebihan beraktivitas didalam kegelapan.

Saya termasuk orang yang tidak bisa diajak kompromi dengan kegelapan, seringkali saya merasa lumpuh ketika tiba-tiba mati lampu atau berada disuatu tempat yang gelap. Apalagi kalau harus melalui malam-malam gelap seorang diri dengan mematikan lampu kamar ketika tidur.

Sejak kecil saya memang tidak terbiasa mematikan lampu kamar ketika beranjak tidur. Dan ternyata kebiasaan masa kanak-kanak ini terbawa sampai sekarang, sampai saya merasa saya sudah dewasa. Bahkan keluar rumah pun rasa-rasanya saya enggan mematikan lampu kamar atau lampu rumah, saya takut kalau-kalau nanti pulang saya menemui rumah saya dalam keadaan gelap gulita.

Teman-teman kuliah sepertinya sudah mafhum dengan ketakutan saya ini. Apalagi teman-teman satu atap rumah yang sering sekali menjumpai saya berteriak kaget saat tiba-tiba mati lampu, atau hanya sekedar mencengkeram kuat-kuat baju mereka. Sedikit merepotkan memang, saya pun merasa ini terlalu kekanak-kanakan. Hanya saja, terkadang menghabiskan waktu dalam ketakutan akan gelap terasa begitu menyenangkan. Serasa kembali ke masa 15 tahun silam, begitu polos. Duduk meringkuk seolah-olah berada dalam timangan. Hanya tau bulan dan bintang akan lebih bersinar saat gelap datang.

“kenapa harus takut gelap kalau ada banyak hal indah yang hanya bisa dilihat sewaktu gelap?” –Nishimura Kazuto- Ilana Tan



2 komentar:

Drain Your Blood mengatakan...

aku lebih takut mati listrik ketimbang mati lampu :D , gelap itu sahabat

Unknown mengatakan...

pinter ^^

Posting Komentar