Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Minggu, 02 Februari 2014

Si Manis Makanan ‘superhero’



Pernah mendengar gula jawa harus menjadi bawaan wajib saat pendakian? Nahh bagi yang belum tau bahkan belum pernah mendengar coba perhatikan tulisan saya berikut ini.

Awalnya terdengar aneh memang ketika salah satu teman mendaki menyarankan membawa gula jawa sebagai bekal untuk pendakian saat itu. Dalam hati bertanya-tanya, tapi tetap saya iyakan saran teman saya. Pun tidak ada salahnya

Sepanjang perjalanan saya masih memikirkan apa gerangan sebenarnya kelebihan makanan manis ini. Padahal saya rasa makanan yang manis akan membuat kita cepat haus sehingga persediaan minum selama mendaki akan cepat habis. Rasa penasaran yang besar akhirnya mendorong saya untuk mencicipi manisnya si gula jawa, saat itu kira-kira sudah setengah perjalanan. Ditengah nafas yang terengah-engah, tenggorokan kering serta letih karena beban bawaan yang terlalu berat saya menghabiskan satu biji gula jawa. Tak seenak coklat memang, tapi cukup untuk dijadikan cemilan sebagai penghibur jarak. Lama saya menyadari bahwa perjalanan sebentar lagi sampai pada puncaknya. Saya benar-benar melupakan jarak dan tidak terasa letih telah mencapai perjalanan sejauh itu. Hanya saja saya masih bingung, kenapa dan bagaimana.

Barangkali begini, berbekal ilmu pengetahuan yang saya pelajari di SMA dulu bahwa gula jawa mengandung glukosa yang tinggi. Seperti yang kita ketahui, dalam proses respirasi melalui serangkaian reaksi terkatalisis enzim, glukosa teroksidasi sehingga membentuk karbon dioksida dan air yang menghasilkan energi terutama dalam bentuk ATP. Seperti itulah kira-kira mengapa gula jawa sangat diperlukan saat pendakian.

Barangkali, hal ini pulalah yang menyebabkan semut dinobatkan menjadi hewan yang kuat seperti ‘superhero’, mampu mengangkat beban yang berkali-kali lipat lebih berat dari tubuhnya. Karena semut sangat menyukai makanan-makanan yang manis.


2 komentar:

MI NU TBS Kudus mengatakan...

wah..keren ya ternyata gula jawa banyak manfaatnya..
tapi jangan kebanyakan ya, ntar di kerubutin semut.. :)
Nice Blog

Unknown mengatakan...

wahh iya mas. makasii makasii ^^

Posting Komentar